Wednesday, 20 May 2015

Pengaruh Gaji Terhadap Motivasi Guru Dalam Mengajar VI


Guru merupakan elemen kunci dalam sistem pendidikan, khususnya di sekolah. Semua komponen yang lain, mulai dari kurikulum, sarana-prasarana, biaya, dan sebagainya tidak akan banyak berarti apabila esensi pembelajaran yaitu interaksi guru dengan peserta didik tidak berkualitas. Semua komponen lain, terutama kurikulum akan “hidup” apabila dilaksanakan oleh guru yang berkompeten.

       Pemerintah pun berusaha meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dengan meningkatkan kualitas guru serta kesejahteraannya. Pemerintah menggulirkan program sertifikasi berbasis portofolio, Guru yang lulus sertifikasi akan mendapatkan penghasilan lebih besar daripada sebelumnya. Besar gaji yang layak diharapkan mampu menjadikan motivasi tersendiri bagi seorang guru. 
       Meskipun, menurut pandangan saya, Program sertifikasi merupakan solusi dengan konsep dasar kapitalisme, yang hanya  menumbuhkan atmosfer matrealisme dikalangan para guru. Seperti memberikan minum air laut asin pada guru, yang tak akan pernah cukup menghilangkan dahaga. Tanpa disadari kebijakan sertifikasi menciptakan guru-guru dengan orientasi materi, menggerus tujuan mulia dalam mengajar.

      Profesi guru adalah salah satu profesi mulia, jangan sampai rusak dengan pekerjaan sampingan yang menurunkan citra seorang guru. Guru melakukan pekerjaan sampingan, karena gaji dari profesi guru belum mencukupi kebutuhan hidup. Gaji merupakan salah satu motivasi ekstrinsik sudah, yang saat ini sudah naik, langkah selanjutnya adalah bagaimana gaji dapat memperbesar motivasi dalam diri (intrinsic). Motivasi instrinsik sudah ada sebagai naluri dalam setiap individu yang sifatnya sebagai kebutuhan, yang mampu mendorong seseorang untuk mengabdikan dirinya demi menjadi orang yang paling banyak manfaatnya di lingkungan hidupnya. (Adler dalam Feist dan Feist, 2010)
       Motivasi instrinsik dapat diperbesar oleh motivasi ekstrinsik, dalam hal ini gaji. Sehingga dengan bersatunya motivasi ekstrinsik dan intrinsik seorang guru, diharapkan memberikan suatu energi tersendiri bagi guru untuk dapat meng-up-grade dirinya, agar mampu menampilkan performance terbaik dimata siswanya. Sehingga tujuan pendidikan secara nasional pun dapat terwujud. 

www.quantum-student.com


No comments:

Post a Comment