Wednesday, 25 February 2015

Konstrak Motivasi (1)


Dibuang sayang, buat kenang-kenangan tugas Psikologi Umum. hehehee...

   1.      Latar Belakang

       Siswa yang belajar di kelas yang sama, dengan guru yang sama bahkan di sekolah yang sama pula. Namun, masing-masing prestasi siswanya berbeda. Menariknya muncul fenomena siswa yang tingkat intelegensinya standar, meraih prestasi
akademik lebih baik dari pada anak yang dikenal jenius.

       Adanya kecendrungan siswa jenius meremehkan dan lalai terhadap pelajaran, karena merasa ia dapat dengan mudah memahami pelajaran jika dia mau. Namun sayangnya, kemauan untuk memahami pelajaran kadang tidak mudah muncul dan diakses hingga waktu yang ditentukan habis. Beda dengan siswa yang berkemampuan standar, namun memiliki semangat dan rajin mengulang pelajaran. Pada akhirnya siwa rajin pun akan mengalahkan siswa jenius. Padahal yang membedakan dua type siswa ini hanylah motivasi.

      Mengenali gejala seperti itu, penulis tergerak untuk mengangkat tema “motivasi sebagai pembeda prestasi akademik siswa”. Dengan asumsi dasar motivasi adalah energi pendorong seseorang melakukan sesuatu demi meraih apa yang menjadi keinginannya/tujuan cita-citanya.



2.      Rumusan Masalah

·   Apa yang dimaksud motivasi....?

·   Apa saja macam-macam motivasi.....?

·   Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi.....?

·   Bagaimana mengendalikan fluktuasi dari motivasi....?

·   Bagaimana indikator motivasi.....?

·   Bagaimana pengukuran motivasi......?



3.    Tujuan Penulisan

·   Mengenali pengertian motivasi dengan berbagi bentuk dan sifatnya

·   Mengendalikan motivasi, dengan membangun dan mempertahankannya

·   Menggunakan motivasi sebagai energi yang mendorong meningkatnya prestasi akademik siswa

BAB II

PEMBAHASAN





A.    PENGERTIAN  MOTIVASI

       Tidak jarang siswa mengatakan: “Saya malas, saya tidak termotivasi untuk mengerjakan PR!” Saya selalu menunda-nunda. Mereka yang tidak memliki motivasi, antara lain yang tidak melakukan apa-apa, bingung mau melakukan apa, sehingga pekerjaannya semakin menumpuk, tugas berantakan, terlalu banyak yang tidak diselesaikan. Padahal, kita tidak akan mendapatkan satu hal apapun jika tidak melakukan tindakan apapun.  

       Psikologi mempelajari tingkah laku dan proses mental, menjadikan motivasi merupakan salah satu konstrak psikologis yang penting sebagai salah satu sebab terjadinya sebuah perbuatan/tingkah laku.

       Motivasi adalah dorongan dalam diri kita yang membuat kita bertindak. Motivasi adalah sebuah proses yang membuat kita memulai, dan juga motivasi membimbing kita untuk melakukan hal yang sesuai dengan tujuan tertentu, dan mempertahankannya sampai tujuan itu tercapai.

       Menurut (Mc. Donald dalam reese, 2010), motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan mengarahkan reaksi untuk mencapai tujuan.  Motivasi adalah keadaan internal yang menyebabkan seseorang bertindak, mendorong kita pada arah tertentu, dan menjaga kita tetap bekerja pada aktivitas tertentu (Elliot dkk, 2000 dalam reese, 2010). Motivasi merupakan konstrak psikologi penting, yang mempengaruhi pembelajaran dan performa seorang siswa.

       Dari pengertian motivasi-motivasi diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah suatu proses dimana kebutuhan-kebutuhan mendorong seseorang untuk melakukan serangkaian kegiatan yang mengarah tercapainya suatu tujuan tertentu. Jika tujuan yang dikehendaki tercapai, maka individu bersangkutan akan merasakan kepuasan. 

lanjut ke bagian-2 okey? ^^

No comments:

Post a Comment