Wednesday, 8 January 2014

1,5 Jam Saja


http://www.santinabila.com/2014/01/15-jam-saja.html

Hidup hanyalah sekumpulan anggapan-anggapan. Sesimple itulah definisi hidup, yang sekaligus juga menentukan kualitas hidup kita. Anggapan dasar dan keyakinan kita bisa lebih kuat dari kebenaran itu sendiri, yang tercermin dalam tindakan seseorang. Jika anggapan-anggapan positif yang menyelimuti hidup
kita, maka kebahagiaanlah sebagai atmosfernya. Pun sebaliknya, jika anggapan-anggapan negatif yang mengelilingi hidup kita, maka yang akan tertarik adalah kesulitan, kesedihan dan semacamnya. Saya pernah membahasnya dalam artikel sebelumnya tentang kaitannya antara mengeluh dan kesulitan hidup.

Hidup di dunia terlalu singkat, jika kita terus menyelimuti diri dengan keluh kesah, cari sebanyak-banyaknya alasan mengapa kita harus bersyukur agar hidup kita terus bahagia. Cara mudah mendeteksi apakah lebih banyak anggapan positif atau negatif adalah dengan komentar/penilaian seseorang yang sudah lama tak berjumpa terhadap penilaian fisik kita. Jika ada yang mengatakan bahwa kita lebih cantik, segar dan awet muda. Artinya kita bahagia, aura positif yang memancar sehingga orang lain menangkap pesan yang sama dengan apa yang kita rasakan. Bahagia tidak melulu dikaitkan dengan banyaknya materi loh yaa...

Jika tidak menemukan komentar dari orang lain, kita bisa membandingkan antara foto masa lalu dengan sekarang. Perhatikan ekspresi senyum kejujuran yang tampak. Perhatikan pula perbedaan sorot mata nya, karena mata adalah wakil dari perasaan hati yang bahagia atau sebaliknya. Isilah hidup yang singkat ini dengan pancaran kebahagiaan, tariklah kebahagiaan dengan selalu memiliki anggapan positif.

Sebagai gambaran, ternyata umur hidup kita di dunia ini hanya 1,5 jam. Hal ini bersumber dari keterangan Al-qur’an sebagai sumber yang absolut.
1 hari di akhirat = 1.000 tahun di bumi
24 jam di akhirat = 1.000 tahun di bumi
3 jam di akhirat = 125 tahun di bumi
1,5 jam di akhirat = 62,5 tahun di bumi
Apabila umur manusia rata-rata 60-70 tahun, maka hidup manusia jika dilihat dari langit hanyalah 1,5 jam saja. Ternyata hanya 1,5 jam saja cobaan hidup, maka bersabarlah. Ternyata hanya 1,5 jam saja kita harus menahan hawa nafsuyang di larang Alloh. Ternyata hanya 1,5 jam saja yang akan menentukan kehidupan abadi kita kelak nanti, di surga ataukah di neraka.

No comments:

Post a Comment