Wednesday, 4 September 2013

Masalah itu Musibah atau Berkah?


http://www.santinabila.com/2013/09/masalah-itu-musibah-atau-berkah.html
Pernah lihat koin logam?? pada sebuah koin logam terdapat dua buah sisi dengan gambar yang berlainan. satuu sisi ada yang berupa nominal angka sesuai pecahan uang logam tersebut, ada pula berupa gambar. Uniknya, kedua gambar tersebut meskipun berlainan, namun tidak dapat dipisahkan. ketika kita melihat sisi gambar yang satu, maka sisi gambar yang lainnya tidak terlihat. Terserah kita, mau melihat gambar yang mana.


Begitu pula sebuah masalah, ibarat uang logam, masalah mengandung gambar yang berbeda, ada yang berupa musibah, disisi yang lain dapat berupa berkah. Sekali lagi tergantung, kita mau melihatnya dari sisi mana. Masa sih, masalah itu sebuah berkah? untuk menjawab pertanyaan tersebut, izinkan saya bertanya, apakah kita semua faham apa yang dimaksud keberkahan?? #nah loh :)

Mungkin jika di survey kepada 100 orang, dengan pertanyaan "apakah sebuah masalah itu sebuah keberkahan atau kah justru musibah??" Saya yakin 80 an orang akan menjawab musibah. hanya sedikit orang yang mampu melihat sebuah masalah adalah sebuah keberkahan. 

Okey, menurut yang saya pelajari dan yakini, bagi saya keberkahan adalah bertambahnya kebaikan. Kebaikan apa yang dimaksud, tentunya kebaikan yang mampu mengantarkan kita kepada keridhoan Alloh. toh, hidup kita pun tujuannya mencari/mendapatkan keridhoan Alloh khan..???

Jadi, ketika Alloh menurunkan tantangannya berupa masalah kepada hambanya, semata-mata untuk menguji kesungguhan hambanya. Apakah dia lulus memecahkan masalah kehidupannya sesuai dengan yang Alloh perintahkan ataukah justru memancing murka Alloh...

Kebanyakan orang yang menjawab masalah adalah musibah, biasanya kacamata yang digunakan adalah sudut pandang dirinya sendiri. Padahal, Alloh telah mengatakan bahwa yang baik menurut manusia, bisa jadi buruk menurut Alloh, demikian pula sebaiknya. 

Contoh sederhananya saja, saat kita kecil dulu, orang tua terutama ibu sangat ketat untuk masalah disiplin. jika melanggar atau lalai, siap-siaplah mendengar lengkingan suara ibu yang marah. Sesuatu yang tidak nyaman saat itu, pulang sekolah harus pulang terlebih dahulu, ganti baju seragam dengan baju main, sholat, makan baru boleh main bersama teman-teman lagi. Saat itu, mungkin kita berandai, seandainya saja pulang sekolah bisa langsung bermain bersama teman, dapat melakukan apapun yang mengasikkan tanpa khawatir dimarahi. Nyaman rasanya.

Ketidaknyamanan saat itu, telah berbuah manis saat ini, jika dulu kita tidak dididik untuk disiplin. Mungkin hidup kita tidak teratur sama sekali. Oleh sebab itu, mulai sekarang kita harus berusaha melihat segala segala sesuatunya dengan pemikiran dan perasaan positif yuk...
Toh, Alloh itu sesuai prasangka hambanya loh...
Masalah apapun yang terjadi, mari kita lihat dari sudut pandang yang positif, anggaplah sebuah jamu yang pahit, namun akan membuat tubuh kita sehat.

www.quantum-student.com

No comments:

Post a Comment