Wednesday, 28 August 2013

Zona Nyaman... ... Zona Aman ??


http://www.santinabila.com/2013/08/zona-nyaman-zona-aman.html
“Siapa yang menginginkan kenyamanan???”
“Sayaa.... !!” serempak peserta menjawab.
“Siapa yang menginginkan keamanan??”
“Sayaa... !!” semua peserta menjawab lebih seru lagi.
Selesai peserta menjawab, sang inspirator pun melanjutkan pertanyaannya “kira-kira seorang presiden atau seseorang yang berada pada puncak karirnya, jabatannya akan
aman selamanya dalam genggaman, berikut fasilitas yang menjamin kenyamanannya?” “mana yang lebih aman jabatan menjadi cleaning service atau menjadi seorang manager?” “mana pula yang lebih nyaman menjadi cleaning service atau manager?

Tiba-tiba semua peserta hening. Berfikir dan membayangkan dalam lamunannya masing-masing. Teryata ditengah acara baru lah tersingkap alasan sang inspirator menanyakan hal tersebut. KOMPETISI lah inti dari pertanyaan tersebut.

Dikisahkanlah seorang yang baik hati, sholeh dan setia berprofesi menjadi seorang cleaning service di sebuah perkantoran. Karyawan ini sangat disayang oleh perusahaan tempatnya bekerja. Karena sifatyanya yang seperti itu. Ditambah lagi memang pekerjaan yang dilakukan tidaklah sulit, hanya merapihkan, membersihkan dan melayani karyawan lainnya yang membutuhkan tenaganya. Semua pekerjaan itu diselesaikan dengan baik. Hanya sebatas itu, sebuah keahlian standar yang dimiliki hampir semua orang.

Diceritakan pula, seorang manager yang baik hati, jujur dan sholeh. Loyalitasnya tak perlu lagi diragukan. Namun tiap kali diminta result, selalu saja dijawab dengan beragam alasan yang mengharap pemakluman. Yang intinya untuk menutupi ketidakmampuan dirinya.
“Kira-kira, jika anda berada pada posisi pemilik perusahaan, apa yang akan anda lakukan dengan manager baik hati ini?” tanya sang inspirator kepada peserta

Sang inspirator pun melanjutkan, jika sebuah jabatan yang nyaman, tidak terlalu dituntut macam-macam tentang sebuah hasil tertentu seperti jabatan cleaning service yang diceritakan tadi. Akan menjadi daerah aman buat sang karyawan ini. Namun, dalam kasus sang manager lain lagi penilaiannya. Sikap yang baik hati, jujur, dan loyal tidak lah cukup. Bagi seorang manager tanggung jawabnya lebih besar, sehingga tingkat keamanan jabatannya pun tidak ada yangdapat menjamin, kecuali result yang dihasilkan. Meskipun memang, dari tingkat kenyamanan (fasilitas gaji), jauh lebih nyaman menjadi manager dibanding cleaning service, energi fisiknya tidak terlalu terkuras. Justru dituntut energi isi kepalanya, dan leadershipnya. Jadi, apakah zona nyaman selalu zona aman???

Pilihan ditangan anda, life is choice, we life what we choose 



No comments:

Post a Comment