Wednesday, 3 July 2013

Bosan Hidup??

Hidup tidak hanya menawarkan kebahagiaan, namun juga dilengkapi dengan kekecewaan yang akhirnya memunculkan rasa bosan. Sesuatu yang kita upayakan tak kunjung membuahkan hasil yang diinginkan, walaupun sudah berbagai cara ditempuh. Ketika itu, ingatlah bahwa Alloh sang maha perencana yang baik. Bahwa sesuatu yang menurut kita baik, tidak menurut Alloh. Begitupula sebaliknya.


Dalam kehidupan berkeluarga maupun dalam berbisnis terkadang menemui yang namanya kebosanan. Bagaimana kita dapat menyikapi rasa bosan tersebut, manakala hadir? Apa yang bisa kita upayakan agar semangat kita membara lagi? Membuat hidup lebih gairah selalu? Menjadikan hari-hari kita ceria kembali? Ternyata ada beberapa hal yang harus kita refresh kembali, agar gairah dan semangat itu kembali muncul.

Pertama : Sudahkah tujuan hidup kita jelas? Apa sesungguhnya yang kita inginkan dalam hidup? Seseorang yang berjalan tanpa tujuan yang jelas, tidak akan sampai kemanapun. Jangan salahkan keadaan jika dari waktu ke waktu hidup kita stagnan seperti ini saja.

Kedua : Sudahkah kita memiliki dorongan yang kuat (strong why), mengapa kita ingin meraih apa yang kita inginkan tersebut? Adakah sesuatu/seseorang yang tengah anda perjuangkan? Sudah tergambarkah kepuasan/kegembiraan jika hal yang ingin anda inginkan teraih atau berhasil? Sudah siapkah menghadapi konsekwensinya manakala gagal??

Ketiga : Sudahkah tergambar bagaimana cara meraihnya? Mungkinkah dengan kapasitas anda sekarang ini mampu meraihnya/masuk akal? Jika belum maukah anda mengorbankan waktu untuk belajar mencari tau cara efektif dan berkomitmen untuk terus mengembangkan diri?

Keempat : Sudahkah mengevaluasi upaya apa saja yang sudah dilakukan? Memperhatikan jejak langkah sangat penting untuk menilai seberapa efektifkah upaya yang sudah dilakukan. Semakin mendekatkan pada tujuan atau malah melebar kemana-mana atau tidak fokus??

Kelima : Sudahkah kita disiplin dalam mengupayakan apa yang kita inginkan? Ibarat berjalan di jalan tol, di setiap ada rest area kita selalu berhenti tanpa batasan waktu yang jelas. Kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan?? Buatlah target waktu yang jelas untuk mengontrol diri terhadap kedisiplinan yang terkadang mengaburkan tujuan.

Hidup di dunia sebentar saja, hidup hanya tiga hari. Hari esok, kini dan kemarin. Oleh sebab itu, nikmati saja prosesnya dan bertanggungjawablah atas proses yang kita kerjakan.
  • Seekor katak dalam tempurung akan merasa nyaman-nyaman saja di dalam tempurungnya.
  • Seekor kuda yang suka mengembara, tau bahwa ada banyak masalah dalam setiap pojok kehidupan, namun kuda tidak tau solusi apa yang tepat untuk menghubungkan daerah yang memiliki masalah dengan daerah yang memiliki solusi masalah di daerah yang bermasalah.
  • Seekor elang yang terbang tinggi, tau masalah sekaligus mengetahui solusinya. Dengan melihat dari sudut pandang yang lebih tinggi dan luas.
Kira-kira masuk kelompok manakah saya?? Katak, kuda atau elang?? #merenung


No comments:

Post a Comment