Wednesday, 1 May 2013

Panggung Sandiwara

Beragamnya warna, membuat semaraknya hidup ini. Dapat dibayangkan, jika semua warna di muka bumi ini mempunyai warna yang sama. Tentu tak terbayang seperti apa, yang pasti sangat membosankan. Begitu pula dengan perasaan yang kita rasakan, begitu beragam. Tak ada yang bisa memastikan bahwa hidup kita akan selalu bahagia, pun sebaliknya. Itulah salah satu tanda ke-Maha Adil-an nya Alloh.

Semua dipergilirkan bak sinetron, ada skenarionya, beragam perasaan tersedia, kadang perasaan sedih, bahagia, sakit hati, senang, kecewa, tertawa, marah, berbunga-bunga dll. Semua rasa itu muncul secara otomatis, seperti sudah disetting, sebagai respon dari sebuah kondisi yang tengah kita hadapi. Manusia memang tengah menjalani lakon yang sudah di skenariokan oleh sang Maha Pencipta. Kita memang tidak dapat memilih kejadian yang memang telah ditetapkan Alloh, namun kita diberi keleluasaan dalam memilih untuk dapat bersikap terhadap kejadian yang terjadi pada diri kita.

Banyaknya masalah akan membuat kita sedih, banyaknya kekecewaan terkadang membuat kita marah, banyaknya harapan yang tak kunjung menjelma membuat kita frustasi, dan semua itu tidak dapat kita hindari. Namun kita dapat meresponnya dengan respon yang berbeda, cobalah untuk tersenyum ketika masalah ada dekat dengan kita. Toh tersenyum atau terlarut dalam kesedihan merupakan pilihan?? Apapun pilihan kita, masalah akan tetap ada. So, buatlah diri kita semua bahagia, apapun masalah yang tengah kita hadapi.

Jika sulit untuk tersenyum, cobalah bayangkan dan tertawalah karena masalah yang besar sudah kita kalahkan, kitalah pemenangnya. Yaa... kita lah pemenang dari semua masalah yang ada. Jangan pernah mau kalah dengan masalah, sebab diri kita harus lebih besar dari masalah. Sesungguhnya ketika Alloh menyapa dengan ujian, sebenarnya itu adalah wujud cinta kasih dari Nya. Datanglah pada Alloh dengan penuh harap, minta agar Alloh menjadikan kita lebih kuat dan lebih besar dari semua beragam masalah yang sedang dan akan kita hadapi. Alloh sangat mencintai hamba yang ikhlas dan bersabar akan ujianNya.

"Dunia ini, panggung sandiwara... Ceritanya mudah berubah..." Ingat cuplikan syair lagu tersebut?? Yaa.. lagu yang sempat dipopulerkan oleh Ahmad Albar itu memang menggambarkan tentang apa yang terjadi di dalam dunia ini, dalam sekup kecil. Lelucon hadir menghiasi hidup ini, sebagai penyeimbang rasa sedih. Terkadang, memaksa kita untuk tertawa, sejenak melupakan masalah yang membebani hidup ini. Namun, tersenyum saja cukup untuk meresponnya. Tak perlu berlebihan dalam menyikapi rasa yang silih berganti mengisi ruang hati ini. Menangis dan tertawa secukupnya saja.

www.quantum-student.com


No comments:

Post a Comment