Wednesday, 20 March 2013

Sang Pemberani

Bertindak secara berani, biasanya didorong oleh suatu kekuatan yang ada di dalam diri seseorang. Biasanya tak terlepas dari mind set yang ada di kepalanya. Dalam hal ini, saya tidak membahas keberanian seseorang yang tidak memiliki dasar yang jelas, atau dengan kata lain nekat, ceroboh tak memiliki perhitungan yang difikirkan sebelumnya. Pola fikir seseorang akan tercermin pada ucapan, cara bicara dan tingkah laku kesehariannya
. Seseorang yang memilikipemikiran tertentu dan diyakininya, maka pola sikap tingkah lakunya pun akan selaras, sehingga keberanian untuk melakukan tindakan pun akan mendorongnya sesuai dengan keyakinan tersebut.

Ingat, di zaman ini, bukan anda saja yang memiliki keberanian. Banyak sekali orang yang “merasa” pintar berani berkata dan bersikap seperti apa yang difikirkannya. Ciri-ciri orang seperti ini biasanya, sombong, sinis, nyinyir, temparamen, mudah marah, cendrung reaktif karena dia merasa dirinya lebih pintar daripada yang lain. Orang seperti ini bukanlah orang bodoh, mungkin dari segi intelektualitasnya diatas rata-rata, paling tidak sudah terkategori pintar. Kecerdasan akademik oke, namun kecerdasan emosional?? Belum tentu...!!

Tak ayal, banyak sekali orang-orang yang berteriak lantang, dengan kepercayaan diri yang tinggi membuncahkan keberanian, namun sayangnya ucapan yang keluar dari mulutnya tak lebih hanya meminta perhatian serta menunjukkan dia pintar. Jauh dari kebenaran yang hakiki, cendrung meluapkan hawa nafsu. Berani menentang hukum-hukum Alloh dengan sederet argumen hasil pemikiran yang sombong. Padahal, notabene dia seorang muslim yang mengakui Alloh sebagai pencipta, yang jika dia mau jujur, kecerdasan akal yang dia “dewa”kan pun pemberian Alloh.

Menurut ahli psikolog, mind set seseorang dibedakan menjadi dua, yaitu fixed mind set dan growing mind set. Itulah sebabnya, banyak juga orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan yang cukup, mampu beratahan dan bersaing atau malah ada yang melebihi orang-orang yang pintar tadi. Karena apa?? Karena mind set yang dimiliki adalah growing mind set, ciri-cirinya; mau terus belajar, terbuka menerima kebenaran, ramah, low profile, banyak teman, mau menerima kritik untuk kemudian dievaluasi kedepannya. Dialah orang-orang yang akan menguasai dunia ini.
Sebaliknya fixed mind set, lambat laun akan menyusut tingkat kecerdasannya seiring perkembangan dunia. Karena dia sudah mencukupkan dirinya untuk tidak mau belajar karena dorongan keangkuhannya.

Beranilah untuk tunduk dan taat terhadap aturan Alloh, serta takutlah melanggar perintah Alloh.
Silahkan tentukan pilihan anda sekarang, menjadi orang yang memiliki mind set fixed atau growing...??

www.quantum-student.com