Wednesday, 2 January 2013

Mau Mengatur atau Diatur Uang (bag 1)

Pada faktanya uang tidak mengenal diskiriminasi, uang akan selalu terus ada karena selalu di cetak, uang bersifat alami dan uang gambaran sebagai hasil dari sebuah proses yang telah dilakukan.Uang memang bukan segalanya dalam hidup, namun segalanya bisa dicukupi dengan uang. Uang mampu menegakkan tulang punggung seseorang.  Oleh sebab itu uang sangat penting untuk di atur (manage).
Bagaimana cara mendapatkan uang (GETTING MONEY), menyimpan uang (KEEPING MONEY) dan mengembangkannya (GROWING MONEY).Keliru mengatur uang, akibatnya sangat fatal.

Untuk artikel bagian 1 ini, saya akan membahas cara mendatangkan uang. kalau kata orang bule GETTING MONEY. Bagi seorang muslim uang berfungsi sebagai sarana dalam rangka menyempurnakan ibadah.Uang bisa diidentikkan dengan sebuah harga. Mahal dan murah sebuah harga sangatlah relatif. Hal tersebut dapat di lihat dari:
  •     Manfaat (persepsi) yang diperoleh dari barang/jasa tersebut 
     
  •     Kondisi “dompet” kita.

Akan bernilai mahal, ketika manfaat (persepsi) yang diperoleh tidak sebanding dengan banyaknya uang yang harus dikeluarkan, dengan kata lain barang/jasanya biasa-biasa saja.
Juga bernilai mahal, ketika kondisi keuangan pada saat menginginkan barang/jasa tersebut jauh dari harapan. Misal sebuah barang dengan harga Rp. 100 juta, akan bernilai sangat mahal ketika kondisi keuangan masih berada pada level jutaan rupiah. Pastinya akan menjadi sangat murah, ketika kondisi keuangan sudah berada pada level puluhan miliar rupiah.

Hal ini penting untuk dapat difahami, ketika kita akan mencantumkan harga pada jasa/barang yang akan diberikan. Karena pada hakikatnya sebuah harga SELALU BENAR, dan jamgan khawatir karena PASTI SELALU AKAN ADA YANG MEMBELI. Jadi kita dapat mencantumkan berapapun harga yang kita mau. Tentunya, hal ini pun sangat terkait dengan persepsi “seberapa percaya diri kah anda terhadap jasa/barang yang akan anda jual?” (*jawab dalam hati saja yach, hehee… )

Berawal dari konsep sederhana ini, kita dapat melangkah ke tahap berikutnya, siapa saja dan berapa banyak orang/konsumen yang mampu membeli jasa/produk kita…?  Hal ini tersambung dengan konsep segmentasi market ideal kita.Siapa market ideal kita…? 

Market ideal adalah orang/ konsumen yang mau membeli apapun dari kita dengan syarat dan ketentuan yang kita tetapkan.
Ketika semua ini sudah tidak masalah lagi (clear) maka uang akan mengalir dengan sendirinya. Sangat mudah bukan Memperoleh uang (GETTING MONEY), setuju… ?

Apakah anda merasa sudah melakukan berbagai macam cara, namun uang yang diharapkan tidak kunjung datang…?
Mau tau, cara memperoleh uang dengan mudah…? 
Lanjut yuk ke artikel berikutnya, Mau Mengatur atau Diatur Uang (bag 2)