Wednesday, 23 January 2013

Komunikasi Efektif dengan DISC Profile

Sumber Daya Manusia adalah aset terpenting bagi sebuah bisnis untuk dapat maju dan berkembang dengan pesat. Namun disisi yang lain, sumber daya ini adalah energi yang paling sulit dikendalikan. Sulit bukan berarti tidak bisa dikendalikan loohh…
Salah rekrut atau salah menempatkan pada posisi yang tepat akan banyak membuang waktu, tenaga, biaya serta dapat juga menguras emosi dan pikiran yang pada akhirnya akan menimbulkan dampak negatif pada perusahaan anda.
Adanya perbedaan persepsi diantara level suatu struktur organisasi, harus segera diuraikan dengan mengkomunikasikannya dengan baik dan jelas, sehingga maksud yang diinginkan pada jajaran leader akan dimengerti dengan sempurna oleh staff dibawahnya, demikian pun sebaiknya. Mengenal karakter karyawanpun penting dikuasai oleh seorang leader, sehingga dalam menyampaikan pesan yang diinginkan menjadi efektif. Ada type yang jika diminta melakukan sesuatu, sang leader harus merincinya dengan detil disertai argumen yang dapat meyakinkan dirinya, ada pula type yang tidak suka hal itu, dianggapnya terlalu cerewet dan akan mematikan kreatifitas dia. Nah, repot khan… ?

Untuk itulah ada suatu ilmu yang dapat menjawab permasalahan tersebut. Pengenalan type ini selanjutnya dinamakan DISCS profile, Ada 4 type penggolongan manusia, ada yang Dominan, Influence, Complement dan Steady. Tiap orang memiliki semua type ini, hanya saja ada satu yang paling menonjol pada dirinya diantara keempat type tersebut. Type ini dibahas bukan untuk mencari mana yang paling baik, karena memang tidak ada yang salah. 

Type D dan C memiliki kesamaan, yaitu type ini berorientasi pada tugas atau target pencapaian. Namun type D dan C memiliki perbedaan yang cukup kontas. Ttpe D adalah type yang tidak suka hal-hal yang detil, teliti, dan suka dengan data-data yang njelimet/rinci. Orang type D akan tersiksa jika ditempatkan pada bagian keuangan, walaupun dia bersedia melakukannya, namun dia tak akan enjoy dalam pekerjaannya, karena yang ada nanti dia akan depresi, selalu menggaruk-garuk kepala, walaupun tidak gatel. Hehehee… 

Type D cocok pada posisi leader, tidak banyak bicara, selalu fokus pada pencapaian target, dapat dibayangkan jika leadernya “lemes”, wah… wah… kewibawaannya bisa lenyap hilang ditelan bumi, tugas yang diberikan pun, akan dianggap angin lalu oleh staff dibawahnya. Type C bagus untuk diposisikan bagian keuangan, type C akan enjoy dan larut dalam lautan data-data dan angka, juga tepat untuk menjadi supervisor atau menjaga sistem, yang memastikan alur bekerja sesuai dengan SOP perusahaan.

Sedangkan untuk type I dan S, persamaan kedua type ini adalah sosialisme mereka tinggi, orientasi mereka kepada hubungan sesama. Namun kedua type ini pun memiliki perbedaan, Untuk type I memiliki ciri senang bicara, kira-kira jika cirinya seperti ini, cocok diposisikan dimana yach… ? yup tepat, sebagai marketing. Kareana type ini pandai merangkai kata dan senang meng-influence orang untuk ikut apa yang type ini inginkan. Hanya saja, perlu diarahkan, agar tidak ngelantur kemana-mana, karena type ini rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk memberikan “ceramah” pada orang lain alis ngobroolll… hehehee…

Sedang type S, sangat cocok untuk posisi SDM atau HR, karena sifat sosialisasinya yang tinggi, sehingga orang betah berlama-lama didekatnya. Jangan pernah sekali-kali menawarkan persahabatan yang tidak tulus terhadap type ini, dia akan bereaksi berlebihan. Dia akan menganggap anda penghianat bagi dirinya. Juga jangan pernah memaksa untuk mendapatkan jawabab yang segera pada type ini, dia perlu waktu yang cukup lama untuk mempertimbangkannya.
Jika ditanya, bisakah type ini berubah… ? Saya jawab, tentu bisa. Hanya saja jika anda senang dengan keadaan anda saat ini, untuk apa menjadi orang lain. Setuju… ?

www.quantum-student.com