Wednesday, 10 October 2012

MOMENTUM

Momentum dalam ilmu fisika adalah sebuah nilai dari perkalian materi yang bermassa/memiliki bobot dengan kecepatan tertentu. Adapun prinsip momentum adalah apabila ada sebuah benda massa yang akan dipindahkan, maka dibutuhkan energi tertentu agar benda tersebut dapat bergerak pada kecepatan tertentu. Dan energi yang di keluarkan
pada saat benda diam akan lebih besar dibandingkan apabila benda tersebut sudah bergerak.

Dalam kehidupan pun kita membutuhkan sebuah momentum yang bisa membuat kita bergerak ke level yang lebih tinggi. Hampir sama dengan sebuah benda yang diam, ketika kita ingin bergerak maju, membutuhkan energi yang sangat besar. Karena dalam kondisi nyaman (comfort zone) kita merasa aman dan mencukupkan diri dengan keadaan seperti ini, merasa tidak ada yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Padahal dunia terus berputar, semua orang bergerak, dan celakalah bagi orang yang diam. Karena dapat dipastikan akan tertinggal.  Sebagai contoh tingkat inflasi yang terus merangkak naik tanpa disadari. Kebutuhan hidup terus mencekik, sedangkan jika pendapatan tetap, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi? Dan jika hal ini terjadi, dan baru kemudian hari menyadarinya. Maka akan diperlukan energi yang sangat besar, bila diibaratkan orang yang tidak bergerak seperti bongkahan batu besar yang diam. Sehingga perlu energi yang besar untuk menjadikan batu tersebut bergerak dan berpindah. 

Namun apabila sudah bergerak, maka akan lebih ringan energi yang dibutuhkan, sebab batu itu sendiri menghasilkan energi potensial yang sudah terbangkitkan menjadi energi kinetik. Jadi jika boleh saya simpulkan,
Keep Moving berkaitan erat dengan momentum:
1. Jika berhenti, dan ingin menggerakkan dari awal, akan  membutuhkan energi yang sangat besar
2. Jika sudah bergerak, maka akan menghasilkan energi yang baru. 

Dibutuhkan sebuah kekuatan untuk dapat menyadari, dan berusaha bangkit dan bergerak ke level lebih tinggi. Selain kekuatan dari dalam diri, faktor lingkungan pun sangat berpengaruh. Dapatkan energi yang besar dari dalam dan luar lingkungan anda, sehingga menjadikan energi yang sangat besar demi menggerakkan impian yang sangat ingin anda raih.  

Teruslah bergerak teman, memang terkadang apa yang kita sudah lakukan tidak selamanya langsung membuahkan kesuksesan, sehingga dapat seketika dirasakan, namun yakinlah bahwa yang kita sudah kerjakan mendekatkan langkah kita dalam meraih kesuksesan. Keep fokus dan terus lah bergerak. Sampai betemu di puncak kesuksesan.

No comments:

Post a Comment