Wednesday, 14 November 2012

Menjadi Guru Inspiratif

Menjadi seorang guru yang dicintai siswanya merupakan imbalan yang tak ternilai, jika dibandingkan sejumlah materi yang diterima. Memang begitulah naluri manusia. Ada rasa ingin keberadaannya merasa senantiasa dibutuhkan, ingin diakui keberadaannya. Terlebih bagi seorang guru, sosoknya selalu dijadikan sumber inspiratif bagi para siswanya. Ilmu yang diberikan akan terus menjadi aliran pahala sampai kapa pun sebagai bekal dirinya.


Guru inspiratif kini mulai langka jumlahnya, di tengah zaman kapitalisme sekarang ini, mayoritas guru hanya berorientasi pada materi yang akan diperolehnya. Hal itu dikarenakan tuntutan kehidupan yang memaksa guru untuk dapat sekedar bertahan hidup. Fungsi guru kini lambat laun bergeser, hanya sekedar media transfer informasi/ilmu, jauh dari keteladanan yang layak ditiru oleh para siswanya.


Untuk dapat menjadi guru inspiratif, setidaknya dibutuhkan beberapa mindset yang harus dimiliki seorang guru, diantaranya:


Selalu berpandangan positif
Semua manusia memiliki keunikannya masing-masing, tak terkecuali siswa. Hindari pelabelan negatif pada siswa; bodoh, nakal, pendiam dll adalah pelabelan sepihak dari seorang guru. Yang belum tentu kebenarannya. Bisa jadi siswa yang selalu aktif bergerak dikatakan nakal, belum tentu juga siswa pendiam dikatakan baik, setuju?? Guru bijak adalah guru yang mampu menerima berbagai karakter siswa untuk kemudian diolah oleh kelembutannya agar kemampuannya/kelebihannya bisa melejit dengan sempurna.

Memiliki ikatan emosional
Seorang anak/siswa pada dasarnya sama dengan manusia dewasa, yang menginginkan untuk dihargai, didengar pendapatnya. Perlakukanlah siswa selayaknya orang dewasa, namun tetap harus di sesuaikan gaya bahasa yang sesuai dengan usianya. Tempatkan diri anda sebagai teman pada saat siswa membutuhkan teman, tempatkan diri sebagai seorang guru yang harus diikuti perintahnya ketika pelajaran sedang berlangsung. Jaga selalu kewibawaan anda dengan memposisikan diri pada kondisi yang berlainan.

Selalu bergembira pada saat pelajaran berlangsung
Belajar pada kondiisi rileks memberikan hasil yang luar biasa, dari pada belajar pada kondisi tertekan dengan guru yang menakutkan. Selalu berikan apresiasi dengan semangat untuk siswayang mempu menunjukkan kemampuan dirinya, agar rasa kepercayaan dirinya selalu membuncah di dada. Dan yang terpenting lagi adalah jangan bosan untuk memberikan motivasi dan sugesti positif bagi semua siswa. Apakah tidak bosan untuk selalu memberikan motivasi? Motivasi jika boleh diibaratkan seperti halnya anda makan. Apabila anda telah makan pagi, apakah siang atau malam hari tidak butuh makan lagi?? Nah, begitu pula motivasi dan afirmasi selalu dan selalu harus terus diingatkan.


Jika hal itu dapat anda kuasai dan di praktekkan selalu, lihat dan rasakan anda akan menikmati siswa anda dengan sangat menyenangkan.

No comments:

Post a Comment