Wednesday, 5 September 2012

Menemukan Kekuatan Diri

 No body perfect”, artinya dilarang buang sampah sembarangan, hehehee… Becanda deng… Artinya bahwa tidak ada manusia yang sempurna, sempurna apanya? Yah, sempurna kecerdasannya juga sempurna kebodohannya. Sempurna kelebihannya ataupun sempurna kekurangannya. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda satu sama lain.

Bagaimana kita harus menyikapinya? Ketika kita sadar memiliki kelemahan, baik itu kekeurangan physic atau kelemahan mental dan kelemahan pikiran. bukan artinya kita tenggelam dan frustasi lantas hobinya mendengar lagu melankolis yang biasanya di-request sebagai lagu penghantar bunuh diri, hehehee… Ngga sebegitunya kalee, tapi kalo mau coba masuk neraka sich monggoo… (#jangansampe)

Alloh telah menciptakan makhluk bernama manusia yang sangat jenius dibandingkan makhluk lainnya. Masing-masing kita memiliki otak yang jenius pada bidangnya masing-masing. Fokuslah pada kelebihan, tidak pada kelemahan. Sebab jika berfikir untuk menghapuskan kelemahan, akan lebih sulit, juga tentunya akan membutuhkan energy yang besar untuk menghilangkannya. Lah koq bisa? Ya bisa lah, coba anda bayangkan, anda sangat hoby memasak dan sangat enggan dalam hal menulis. 

Jangankan menulis buku, mulai berfikir kearah itupun tidak pernah terbersit. Jika anda diharuskan membuat sebuah buku best seller, anda akan berkenalan dengan yang namanya frustasi, sebab pekerjaan menulis buku sesungguhnya tidak anda sukai. Bukan berarti anda tak akan mampu menulis buku, hanya saja ketika menemui tantangan di dalam perjalanannya, anda akan mudah putus asa, dan reaksi anda pun akan berlebihan, seakan langit runtuh menimpa anda. Betul begitu?

Namun, jika anda focus terhadap kelebihan, anda tahu bahwa anda sangat suka/hoby memasak dan jika ada orang mencicipi hasil masakan anda dengan orang yang tidak mengenal satu sama lain, mereka akan berkomentar yang sama, bahwa masakan anda enak. Jika demikian bisa dibayangkan jika aktivitas memasak itu terus di asah, maka anda akan menjadi orang yang ahli dalam bidang tersebut. Tantangan yang timbul, tidak akan membuat anda digelayuti rasa putus asa, melainkan menjadikan anda lebih bersemangat untuk membuktikan bahwa anda adalah ahli yang tidak ada duanya. Bukan begitu?

Kenali diri anda sendiri, cari tau kelebihan diri sendiri kemudian focus pada kelebihan tersebut. Salah satu indikasi mengenali kekuatan atau kelebihan diri adalah dengan bertanya pada diri sendiri tentang pekerjaan apa yang sangat disukai, lihat hasilnya, apakah dari pekerjaan yang sama yang dilakukan oleh orang lain, hasil anda lebih baik, lebih cepat dan lebih mudah anda lakukan dari pada orang lain. Jadilah expert di bidang anda. Ingat kita sendri lah yang paling tahu siapa diri ini sebenarnya.

www.quantum-student.com

No comments:

Post a Comment