Wednesday, 7 November 2012

Jeniusnya Otak

 Otak adalah bagian tubuh manusia yang paling amazing. Ada miliayaran sel saraf dalam otak manusia, ada miliaran partikel yang tersimpan di dalamnya. Otak merupakan salah satu komponen dalam berfikir, yang akan menghasilkan suatu pemikiran. Banyak orang keliru
dalam mendefinisikan antara akal dan otak. Akal hanya dimiliki oleh manusia, tidak ada makhluk Allooh yang lain yang memiliki akal. Sedangkan otak, tidak demikian. Hewanpun memiliki otak. Jadi sebenarnya otak dan akal adalah dua hal yang berbeda, Akal adalah serangkaian berfikir yang menghasilkan kesimpulan, sedangkan otak sebatas “alat” dalam proses berfikir. 

Mungkin anda sering dengar sebuah lelucon, di sebuah pasar yang menjual otak second (bekas) dari berbagai negara. Ternyata otak second yang berasal dari Indonesia sangat diminati dan banyak dicari. Hal yang menakjubkan bahwa otak second milik orang Indonesia tersebuat dijual dengan harga yang sangat mahal, hampir sama dengan otak yang masih baru. Berbeda dengan otak second asal Jepang, harganya sangat murah. Anda penasaran, mengapa?
“Otak second dari Indonesia masih bagus dan mulus. Soalnya, jarang dipakai! Sedangkan otak orang Jepang berkebalikan dengan otak orang Indonesia” jawab si penjual otak second.


Dalam proses berfikir tidak hanya otak yang diperlukan, melainkan juga memerlukan komponen lain, seperti, indra, fakta, serta informasi sebelumnya. Dari keempat komponen itulah nantinya yang akan menghasilkan kesimpulan yang lebih dikenal dengan pemikiran. Dari hasil pemikiran tersebutlah yang nantinya melahirkan perbuatan. Kumpulan dari perbuatan-perbuatan yang telah dipilih akan menentukan nasib seseorang. 


Gedung-gedung bertingkat, jalan layang, alat teknologi yang canggih dan lain-lain merupakan hasil dari kerja otak yang sangat jenius. Dapat di bayangkan, betapa jeniusnya otak manusia dalam proses berfikirnya menghasilkan pesawat terbang, yang mampu membawa penumpangnya terbang dengan kecepatan yang sangat singkat ke tempat-tempat yang jaraknya jauh. 


Tidak hanya itu, otak yang dipergunakan untuk berfikir, akan membawa kita pada tingkatan tertentu. Mampu membedakan diri dan menjadikan seseorang istimewa dibandingkan yang lain. Terus optimalkan mempergunakan karunia Alloh berupa otak ini. Sehingga kita akan menjadi sosok pribadi yang berbeda, jadilah diri sendiri dengan ke-khas-an yang unik. Dunia saat ini sangat membutuhkan orang-orang yang keberadaannya mampu memberikan manfaat bagi banyak orang.


Dengan mengucap Subhanallooh... Alloohhu Akbar... sungguh manusia berserta otaknya sedemikian amazing, itu baru level mahluk, bagaimana dengan pencipta makhluk...?? pantaskah kita sombong, merasa paling hebat, paling pintar?? Allooh lah yang menciptakan otak manusia sehingga berfungsi baik. Sangat mudah bagi Allooh untuk mencabut kefungsian otak manusia. Marilah kita semua ketika berfikir apapun, harus terus selalu mengkaitkan tentang penciptaan Allooh.

ww.quantum-student.com 


No comments:

Post a Comment