Wednesday, 22 August 2012

H A B I T

Hidup mungkin akan terasa lebih keren kalau saja kita memiliki serangkaian perilaku dan kebiasaan yang positif. Sebab jalan kesuksesan acapkali memang ditentukan oleh tatanan perilaku yang kita lakoni. Dan seperti yang kita semua tahu, bentangan perilaku ini dibentuk oleh rentetan kebiasaan positif yang terus kita pahat. Day by day... year by year.

Allooh memberikan modal yang sama bagi kita semua, yaitu waktu. Selama

24 jam, baik untuk sang pemenang begitu juga untuk pecundang. Hanya perbedaannya,bagaimana kita mengatur dalam penggunaannya. Tips sederhana namun dahsyat adalah, jika anda ingin sukses baik dari segi bisnis, financial maupun keluarga. Carilah sosok yang menurut anda orang tersebut memiliki kriteria sukses, kemudian contoh (modeling) orang tersebut. Baik dari mind set, belief serta habit/rutinitas yang biasa dia kerjakan. Saya jamin, dalam waktu singkat, anda akan sukses, minimal akan mengalami perubahan yang signifikan. Tapi dengan catatan anda harus commitment, kalo bahasa kerennya harus istiqomah.

Sebab habit yang baik akan membentuk suatu karakter seseorang. Karakter merupakan bahan dasar penentu nasib seseorang. Jika karakternya rajin, pantang menyerah dan semangat. Sangat besar kemungkinan orang tersebut memiliki nasib baik yang akan mengantarkannya kepada kesuksesan. Sebaliknya, jika karakter yang dimiliki adalah suka mengeluh, malas dan tidak bertanggungjawab, besar kemungkinan juga orang tersebut akan ditemani kesusahan dan kenestapaan. Demikian lah adanya, karakter seseorang sangat berpengaruh terhadap nasibnya.

Begitu pula, jika anda ingin menjadi seorang pecundang/pemalas (*saya yakin tidak ada yang menginginkannya) namun anehnya, banyak yang melakukannya. Karena untuk menjadi seorang pecundang, jika diibaratkan jalan, posisinya turun kebawah, meluncur, tidak memerlukan energi besar untuk menuju kearah sana. Cukup mengikuti hawa nafsu anda saja. Melakukan sesuatu apa pun yang menurut anda menyenangkan, melalaikan, tidak perduli dan lain sebagainya.  


Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa meng-install kebiasaan positif dalam raga kita. How do we inject good habit into our body and mind? Saya coba berbagi tips kali ini tentang 5 kiat ampuh untuk menanamkan serangkaian good habits.


Beragam studi mengenai human behavior, menyebutkan beragam cara untuk mengembangkan serangkaian kebiasaan baru (habit) agar kebiasaan itu terus bertahan dalam jangka yang lama dan permanen. Berikut 5 cara diantaranya:


:: 1. Start small, kalau anda mau menanamkan sebuah kebiasaan yang menantang, ada baiknya diawali dengan small step. Big win adalah kumpulan small win yang akan memotivasi anda untuk terus bergerakke level yang lebih tinggi. So, start small. Get early wins. And then move on.


:: 2. Choose your friend wisely. Kalau anda ingin maju, bergabunglah dengan orang-orang yang punya prilaku dan mind set positive. Kalau Anda mau jadi pecundang, bergabunglah dengan para complainers


:: 3. Create self Dis-insentive (hukuman/punishment) untuk diri anda sendiri, ketika anda sudah mulai melalaikan apa-apa yang ingin anda jadikan habit


:: 4. Create conductive context. Benar, self motivation itu penting untuk mengubah perilaku. Namun acapkali, motivasi itu perlu bantuan kontext yang tepat. Rekayasa konteks diperlukan supaya motivasi “tidak sendirian” dalam mendorong prilaku kita.


:: 5. 40-days challenge. Studi menunjukkan, sebuah kebiasaan akanmenjadi permanen jika dilakukan selama 40 hari

No comments:

Post a Comment