Wednesday, 6 June 2012

Nasib Ditentukan Karakter… ?

Karakter atau kepribadian seseorang dapat dilihat paling tidak dari dua aspek, yaitu dari pola fikir dan pola sikapnya. Seseorang memilih bersikap mengambil atau meninggalkan sesuatu berdasarkan pola fikir yang ada di kepalanya. Misal, ketika rasa lapar menghampiri, naluri manusia pasti ingin memenuhi tuntutan perutnya, hanya saja jika makanan yang
tersedia makanan adalah makanan yang jelas-jelas sudah tercemar racun. 

Apakah masih mau dimakan… ? Akalnya akan berfikir ribuan kali untuk mencegah tangan memasukkan makanan tersebut ke dalam mulutnya, karena dia tau persis resiko yang akan ia dapatkan apabila makanan tersebut masuk kedalam pencernaannya, racun yang terkandung akan segera merusak tubuhnya, dan bisa jadi mengakibatkan kematian.

Fikiran amat besar pengaruhnya dalam diri kita, karena segala sesuatunya diawali dari proses berfikir. Itu juga yang membedakan kita dengan makhluk Allooh yang lain, sebab hanya manusialah yang dikaruniai akal untuk berfikir. Sebagai contoh orang yang menginginkan kesuksesan, orang sukses pasti memiliki cara berfikir orang sukses, seperti apa itu..? Dia memiliki Semangat yang maksimum, tidak mudah menyerah atau putus asa, berfikiran positif, selalu optimis menatap masa depan, selalu meng-upgrade diri dan perusahaannya, selalu belajar menaikkan kapasitas dirinya, dan lain sebagainya. 

Pemikiran seperti itu akan tercermin dari ucapan yang terlontar dari mulutnya, bicaranya dengan penuh semangat, selalu mengucapkan kata-kata yang baik, dan seterusnya. Biasanya, dari ucapan akan melahirkan tindakan, karena jika ingin sukses tidak cukup dengan berbicara saja, tindakannya pun menuntut pembuktian nyata dari apa yang di ucapkan, betul… ? Dia akan melakukan tindakan yang akan mendekatkan dream yang akan diraihnya, selalu menyiapkan segala sesuatunya dengan teratur, bekerja keras dan cerdas, senantiasa mengevaluasi pekerjaannya, untuk diperbaikinya dikemudian hari, dan ia pun akan meninggalkan hal-hal yang justru akan menjauhkan dirinya dari dream yang ingin dicapainya, dan tindakan-tindakan yang lainnya. 

Tindakan yang terus-menerus jika dilakukan akan lama-kelamaan akan melahirkan habit atau kebiasaan. Bisa dibayangkan habitnya orang sukses, apakah dia hanya bermalas-malasan… ? tidur sepanjang hari… ? atau menghabiskan waktu untuk menonton televisi… ? Tidak mungkin… Orang sukses kebiasaannya pasti tidak seperti itu, waktunya dihabiskan untuk melakukan hal-hal yang produktif. Nah, jika sudah memiliki habit yang baik, maka hal itu akan melekat pada orang yang bersangkutan sehingga akan menjadi karakter pada dirinya. Orang akan mengingat orang tersebut karena karakter yang melekat pada dirinya. 

Dapat dibayangkan, kira-kira jika ada orang seperti itu, bagaimana dengan nasibnya… ? So pasti, dia akan menjadi orang sukses. Coba ingat-ingat orang sukses yang berhasil meraih impiannya, menurut anda apakah dia orang yang mudah putus asa… ? Apakah dia seorang yang tidak memiliki kepercayaan diri… ? Sekali lagi tidak…. Orang sukses adalah orang yang mampu melewati ujuan, bukan orang yang tidak pernah mengalami kesulitan atau tidak pernah salah dalam bertindak, melainkan orang yang senantiasa menjadikannya kesalahan sebagai sarana untuk memperbaiki dirinya, dikemudian hari. Setuju… ?  


Amati FIKIRAN mu, karena akan menjadi UCAPAN mu
Amati UCAPAN mu, karena akan menjadi TINDAKAN mu
Amati TINDAKAN mu, karena akan menjadi KEBIASAAN mu
Amati KEBIASAAN mu, karena akan menjadi KARAKTER mu
Amati KARAKTER mu, karena akan menjadi NASIB mu
SIAAAPPPPP…… ?

No comments:

Post a Comment