Wednesday, 1 August 2012

Bergerak Mutlak Diperlukan

Salah satu ciri mahluk hidup adalah bergerak, pergerakan mutlak diperlukan jika ingin tetap hidup. Dibutuhkan pula kecepatan tertentu untuk dapat seimbang. Pernah lihat roller coaster… ? jika belum, pernah anda mendengarnya… ? InsyaAllooh sudah pernah, minimal setelah membaca tulisan ini (*maksa.com lah…
Okey yang belum pernah tau, anda dapat membayangkan, roller coaster adalah sejenis permainan yang memacu adrenalin kita, salah satunya dapat anda jumpai di dufan, ancol. 

Bentuknya seperti kereta tanpa atap terbuka lengkap satu set dengan rel yang bentuknya seperti per/pegas yang direntangkan, anda hanya diberikan safty belt untuk pengaman dikursi anda. Jika anda berada didalamnya, pada saat tertentu, posisi kepala anda tepat berada dibawahnya. Bayangkan, anda hanya di lindungi safty belt saja, anda tau gaya grafitasi arahnya kemana… ? (wiuww… Jadi berkeringat telapak kaki saya membayangkan sensasi rasanya), namun yang anda bayangkan tidak terjadi, anda tak akan jatuh, sebab, pada posisi tersebut roller coaster meningkatkan kecepatannya untuk membuatnya seimbang. Jika kecepatannya sama atau berkurang/lambat, waahh… itu sih otomatis, pemain akan rontok berjatuhan ke tanah, beserta keretanya. Udah jatuh, ketimpa kereta lagi… (*jangan sampe dehh…)

Begitu pula bumi, bumi berputar pada porosnya sekaligus berputar mengelilingi matahari. Hayoo apa namanya… ? masih inget ngga pelajaran SD… ? yup, pinterr…!!! namanya rotasi dan revolusi. Ternyata bumi juga memerlukan kecepatan tertentu untuk terus bisa berada pada garis edarnya. Jika bumi berhenti bergerak atau kecepatannya berkurang, maka bumi akan terpental keluar garis orbitnya, bisa jadi kiamat lah kita semua. SubhanaAllooh, maha suci Allooh yang telah mendesign sedemikian rupa hingga bumi tetap berada pada lintasannya, kalo bukan Allooh siapa coba yang mengaturnya… ? Bergerak dengan kecepatan tertentu mutlak diperlukan.

Dalam hidup manusia kitapun bergerak, begitu pula dalam sholat, tau kah anda, dalam satu rokaat sholat anda bergerak seperti berputar sebesar 360o. Mari kita buktikan satu rokaat sholat terdiri dari satu kali ruku (90o), dua kali sujud (2 x 135o) jadi 90o + 270o = 360o. Sholat juga sebenarnya menjaga keseimbangan kita, jika kita masih suka “men-discont” sholat, maka kecepatan kita pun akan berkurang, akibatnya emosi atau psikologi kitapun ada sesuatu yang hilang. Malah jika da yang tidak sholat, pada hakekatnya berdiri artinya 0o yang artinya sudah mati. Pernah melakukan sholat jenazah… ? jika belum, pernah melihat orang sholat jenazah… ? apakah gerakan sholat jenazah ada ruku dan sujudnya… ? tidak khan… ? itu artinya sudah mati. Pada saat kita tawaf di baitullooh mekah, kita juga berputar mengelilingi ka’bah. Itu artinya kita harus senantiasa bergerak.

Sangat aneh rasanya, orang yang malas untuk begerak, yang hobby menunda. Sedangkan bumi saja berputar, makhluk hidup bergerak, jika ada orang yang seperti ini akan dapat dipastikan dia akan tertinggal, karena dia hanya diam, malas untuk bergerak, tidak punya motivasi. Saya yakin bukan anda orangnya.
Lets move... move… move… Achieve Your Dream… ^_^

No comments:

Post a Comment